rekomendasi universitas jurusan hukum di yogyakarta
Sumber gambar: pixabay

Yogyakarta bukan hanya dikenal sebagai tempat wisata terbaik, namun di wilayah ini juga dikenal sebagai kota pendidikan. Setidaknya ada 106 perguruan tinggi di wilayah ini, terdiri dari universitas, akademi, institut, sekolah tinggi, dan Politeknik. Berbagai tokoh bersejarah dalam dunia pendidikan juga lahir dari kota ini, sebut saja Ki Hajar Dewantoro, Kyai Haji Ahmada Dahlan, Nyai Ahmad Dahlan, dan masih banyak lagi nama-nama tokoh bersejarah lainnya.

Bagi yang ingin melanjutkan pendidikan di bidang Hukum, kota ini juga menawarkan banyak universitas terbaik untuk prodi satu ini. Menariknya beberapa universitas tersebut juga menawarkan program kuliah blended learning, salah satu metode kuliah yang sangat fleksibel. Berikut ini beberapa daftar rekomendasi universitas terbaik di Yogyakarta untuk melanjutkan kuliah Hukum, diantaranya:

Universitas Gadjah Mada (UGM)

Universitas ini memang dikenal sebagai salah satu universitas terbaik di Indonesia, keluarkan berbagai fakultas dengan jurusan yang sudah terakreditasi A. Untuk prodi Hukum sendiri, UGM menawarkan berbagai jenjang pendidikan untuk prodi ini.

Ada beberapa jenis konsentrasi jurusan hukum yang bisa dipilih, mulai dari S1 Ilmu Hukum, S2 Ilmu Hukum, S2 Hukum, S2 Kenotariatan, S2 Hukum Litigasi, S2 Hukum Kesehatan, S2 Ilmu Hukum Kampus Jakarta, dan S3 Ilmu Hukum (keseluruhannya mendapat akreditasi A).

Sesuai dengan dengan titelnya sebagai salah satu universitas terbaik, kuliah jurusan Hukum di Universitas ini telah mendapatkan berbagai prestasi seperti meraih prestasi di tingkat internasional tahun 2016 dalam kompetisi Peradilan Semu Internasional “Foreign Direct Investment” – FDI International Arbitration Moot (2nd Best Respondent Memorial, 7th Place in Oral Found, dan Overall Highest Ranked Team), mendominasi perolehan juara dalam Brawijaya Law Fair 2017 (juara 1 dan juara 2 kompetisi debat hukum nasional dan juara satu kompetisi penulisan pendapat hukum), juara umum ALSA NMCC 2019, dan masih banyak lagi prestasi lainnya yang sulit disebutkan satu persatu.

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY)

Universitas ini mendapatkan akreditasi A dari BAN PT, selain itu divestasi ini juga telah mendapatkan akreditasi internasional dari QS Stars dengan perolehan bintang 5 (bidang fasilitas, tanggung jawab sosial, dan inklusivitas), bintang 4 untuk bidang pengajaran, dan bintang 3 untuk daya serap lulusan. Ada beragam program studi yang ditawarkan universitas ini, salah satunya studi hukum yang telah mendapatkan akreditasi A. 

Berbagai fasilitas sarana dan prasarana universitas ini sangat mumpuni, mulai dari sarana ruang sidang permanen (untuk peradilan umum, peradilan khusus, dan peradilan mahkamah konstitusi), ruang simulasi prodi ilmu hukum, ruang teleconference, dan fasilitas lainnya. Fakultas Hukum di UMY juga mengembangkan berbagai sistem, seperti presensi online yang dilakukan mahasiswa dan kuliah blended learning.

Universitas Islam Indonesia (UII)

Universitas Islam Indonesia membuka fakultas hukum pertama kali tahun 1948, hingga saat ini fakultas ini mengalami perkembangan yang pesat dengan ditandai pembukaan program Magister tahun 1995 dan Doktor tahun 2002 serta tahun 2001 membuka program kelas internasional. pada beberapa program studi hukum yang bisa dipilih oleh mahasiswa, mulai dari S1 Program Internasional, S1 Ilmu Hukum, S2 Notariat, S2 Hukum, S3 Hukum, dan Profesi Advokat.

Universitas ini menjadi salah satu universitas terbaik untuk melanjutkan pendidikan hukum, meraih berbagai prestasi di antaranya 2nd Runner Up World Urban Meeting pada acara Asia pacific Youth Week 2019, mengikuti London International Model United Nations (LIMUN) di Inggris tahun 2019, Inspiring Youth 2019 (dalam kegiatan Seoul 44th World Peace  and International Conference on BLLSH 2019 di Korea), juara 1 lomba Legal Opinion Erlangga Business Week 2019, dan masih banyak lagi prestasi lainnya

Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY)

Fakultas Hukum di Universitas ini telah mendapatkan akreditasi A dari BAN PT, terdapat beberapa program khusus yang bisa diperoleh mahasiswa diantaranya Hukum Pertanahan dan Lingkungan Hidup, Hukum Ekonomi dan Bisnis, Hukum Ketatanegaraan dan Pemerintahan, Peradilan Pidana, Hukum Kesejahteraan Sosial, dan Hukum Tentang Hubungan Internasional.

Untuk proses pembelajaran yang sendiri, mahasiswa ilmu hukum akan belajar bersama dosen yang telah bergelar magister, doktor, dan guru besar dengan metode student centered learning. Fasilitas yang disediakan juga terbilang mumpuni, sehingga mahasiswa yang kuliah jurusan Hukum bisa belajar dengan nyaman.

Berbagai macam fasilitas tersebut diantaranya ruang diskusi, pusat dokumentasi hukum, pusat bantuan dan konsultasi hukum, laboratorium hukum, kelas komputer, dan ruang praktek peradilan (Moot Court). Untuk masalah prestasi, beberapa mahasiswa Universitas ini juga mendapatkan prestasi dalam bidang hukum seperti juara 3 Peradilan Semu di UNDIP.

Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta (UIN Suska)

jurusan ilmu hukum Universitas ini memiliki visi untuk ‘mewujudkan program studi ilmu hukum sebagai program unggulan dalam melahirkan sarjana hukum yang profesional dan Islam di bidang ilmu hukum di tingkat dunia pada tahun 2018’. Ada beberapa jenis jurusan hukum yang bisa dipilih di Universitas ini, mulai dari jurusan Hukum Keluarga, Jurusan Hukum Ekonomi Syariah, Jurusan Perbandingan Mazhab dan Hukum, Jurusan Hukum Tata Negara, dan Jurusan Ilmu Hukum.

Selain berbagai universitas yang disebutkan di atas, kota Yogyakarta juga memiliki nama-nama universitas lain yang tidak kalah menarik yang mungkin menyediakan kuliah blended learning dalam proses pembelajarannya. Jurusan Hukum memang menjadi jurusan paling diminati, pasalnya jurusan ini memiliki prospek kerja yang cerah di masa depan. Selain jurusan Hukum, tentunya ada banyak jurusan terbaik dan menarik lainnya yang bisa dipilih untuk melanjutkan pendidikan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here