Punya Cita Rasa Khas, Intip Proses Pembuatan Guinness Beer Ini

0
134
guinness beer

Pecinta minuman beralkohol pasti sudah familiar dengan minuman merek Guinness. Guinness beer merupakan jenis bir Irish Stout atau Dry stout.

Bir merupakan minuman yang proses pembuatannya adalah merubah air dan bebijian dengan menggunakan ragi sebagai katalis atau disebut juga fermentasi minuman namun tanpa penyulingan.

Di seluruh dunia ada banyak sekali pilihan bir yang punya cita rasa khas masing-masingnya. Mulai dari ale hingga bir hitam. Tergantung selera saja lebih suka yang mana.

Untuk bir hitam sendiri, paling terkenal adalah bir merek Guinness. Fakta uniknya adalah, jika bir ini dilihat dari dekat dengan seksama, warnanya bukan hitam melainkan merah ruby. Buihnya lebih kental, hal ini disebabkan karena adanya percampuran bir dengan nitrogen saat proses penuangan.

Jenis Guinness Beer

Saat ini, bir Guinness yang dijual ke seluruh dunia setidaknya ada 3 macam varian.

  1. Extra stout, merupakan jenis pertama dari bir Guinness dari keluargga Extra Stout.
  2. Draught, adalah jenis kedua setelah extra stout.
  3. Foreign Extra Stout, yaitu jenisketiga dari Guinness beer. Rasanya pun manis dan pahit. tergantung selera penikmatnya saja.

Proses Pembuatan

Bir yang dibuat dari barley, kuntum bunga hops betina, ragi, dan air ini memerlukan setidaknya tujuh tahapan dalam prosesnya. Yuk simak apa dan bagaimana proses tersebut.

  • Proses penggilingan

Tahap pertama dari pembuatannya adalah penggilingan. Barley yang mengandung kadar malt yang tinggi akan digiling di dalam rumah Guinness. Dari butiran barley yang dihancurkan itu akan menghasilkan tepung dan juga serat yang terkandung di dalamnya. Bulir barley yang digiling akan menjadi grist.

  • Proses Penggerusan

Tahap selanjutnya, grist dari bulir barley tadi akan dicampurkan dengan air panas. Lalu disaring dengan menggunakan penggerus baja.

  • Proses Pemisahan

Setelah melewati proses penggerusan, kemudian hasilnya akan dimasukkan dalam gentong atau wadah pencampur. Wadah pencampur ini berfungsi sebagai saringan yang mengekstraksi gula dan air sehingga hanya menyisakan bulir barley. Hasil dari proses pemisahan ini dikenal dengan nama wort.

  • Proses Pendidihan

Pada tahap ini, kuntum bungan Hops dimasukkan dalam wort yang dididihkan. Kemudian akan masuk tahap selanjutnya.

  • Proses Fermentasi

Wort yang sudah dicampurkan kuntum bungan Hops tadi akan didiamkan lalu dialirkan ke pendingin. Kemudian akan masuk proses fermentasi dengan menambahkan ragi Arthur yang terkenal untuk Guinness beer. Pada proses ini, ragi Arthur akan bereaksi.

  • Proses Penyempurnaan

Ragi pada proses fermentasi akan merubah gula menjadi alkohol serta gas karbondioksida. lalu, ramuan akan didiamkan untuk masuk pada proses penyempurnaan. tahap pendiaman ramuan ini sangat penting agar adanya keseimbangan dan konsistensi rasa yang diinginkan.

  • Pengemasan

Tahap pengemasan ini merupakan tahap terakhir dari proses pembuatan Guinness beer. Setelah itu, minuman dengan rasa yang mirip kopi ini akan sampai ke tangan para pecintanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here