menstruasi deras tanda kesuburan

Masih banyak wanita yang belum memahami betul, apakah menstruasi yang dialaminya adalah normal, ataukah abnormal. Beberapa mengira bahwa ketika masa menstruasi darah yang keluar sedikit, maka ada sesuatu yang salah di dalam tubuh. Sebagian yang lain memahami bahwa ketika darah menstruasi keluar dalam jumlah yang banyak setiap harinya selama masa menstruasi, itulah tanda bahwa terdapat penyakit di dalam tubuh. Untuk mengetahui kebenarannya, mari simak penjelasan berikut.

Ketika menstruasi, hormon estrogen dan progesteron akan mengatur proses perkembangan lapisan dinding rahim untuk kemudian diluruhkan bersama dengan darah yang keluar. Ketika kadar kedua hormon tersebut seimbang, maka siklus menstruasi akan berjalan secara normal. Namun ketika salah satu dari kedua hormon tersebut kadarnya terlalu tinggi atau terlalu rendah, maka akan menyebabkan darah menstruasi keluar secara berlebihan. Ini dikarenakan ketika kadar hormon progesteron terlalu rendah, lapisan dinding rahim akan menjadi sangat tebal, sehingga ketika lapisan tersebut meluruh, darah yang keluar pun akan menjadi sangat banyak.

Saat ini terjadi, selalu gunakan merk pembalut yang aman dan sehat yang dapat membantu menjaga kesehatan organ kewanitaan. Dengan pemilihan pembalut yang benar, akan membantu anda menghindari iritasi atau infeksi pada area kewanitaan.

Oleh karena lamanya siklus menstruasi dan banyaknya darah yang keluar bergantung pada seberapa tebal lapisan dinding rahim yang akan diluruhkan, maka ketika darah menstruasi keluar dalam jumlah banyak dan dalam jangka waktu yang lama hingga lebih dari tujuh hari, anda patut mewaspadainya, karena hal ini bisa jadi disebabkan oleh penebalan dinding rahim.

Meski terdengar sepele, penebalan dinding rahim sebenarnya dipicu oleh beberapa faktor yang mengancam kesehatan organ kewanitaan yang bahkan bisa berdampak buruk bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan, seperti sedang terganggunya ovarium, terjadinya fibroid rahim, polip rahim, adenomiosis, endometriosis, kanker serviks dan/atau kanker endometrium.

Untuk mencegah terjadinya penebalan dinding rahim, anda bisa mengkonsumsi ramuan herbal seperti kunyit. Bagi anda yang telah terlanjur mengalami penebalan dinding rahim pun, tak perlu ragu untuk semakin rutin mengkonsumsi ramuan kunyit, karena dunia kesehatan juga meyakini kunyit obat penebalan dinding rahim yang aman dan cukup ampuh mengobati jenis penyakit ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here