corona

Virus corona masih menjadi musuh di berbagai negara termasuk di Indonesia. hingga kini jumlah kasus positif covid19 mencapai lebih dari 1,8 juta jiwa di seluruh dunia. Meski angka kesembuhannya tinggi, namun tetap saja banyak korban jiwa yang melayang akibat virus ini. Terhitung sudah lebih dari 114.000 orang harus kehilangan nyawa akibat pneumonia akut yang menjadi komplikasi virus covid19. Pasien akan mengalami sesak nafas hingga akhirnya pendistribusian oksigen tidak merata ke seluruh tubuh. Pasien yang mengalami gejala berat dialami oleh mereka yang memiliki faktor resiko tinggi seperti para manula, pemilik riwayat penyakit hipertensi, diabetes dan AIDS. Meski begitu kita tak pernah tahu bagaimana reaksi tubuh terhadap virus yang satu ini sehingga siapa saja harus tetap berhati-hati dengan melakukan pencegahan yang maksimal.

Lalu bagaimana cara untuk bisa mencegah penularan virus covid19 yang begitu masif dan cepat? Berikut ini adalah upaya-upaya pencegahan yang bisa Anda lakukan untuk melindungi diri dan keluarga dari bahaya covid19:

  1. Di rumah saja.

Anjuran yang sangat sederhana ini ternyata merupakan cara yang paling efektif untuk memutus mata rantai penularan covid19. Dengan di rumah saja, Anda akan mengurangi resiko bertemu dengan orang lain yang bisa saja merupakan penderita covid19 baik bergejala maupun tidak. Anda juga akan meminimalisir kontak dengan benda yang terkontaminasi virus berbahaya tersebut.

  1. Jaga jarak.

Saat di rumah namun ada tamu yang datang, Anda bisa menerimanya dengan patokan tetap menjaga jarak dan tidak bertamu terlalu lama untuk menghindari kerumunan. Selain di rumah, bagi Anda yang harus keluar rumah karena bekerja atau berbelanja, juga lakukan jaga jarak terhadap orang lain minimal 1 meter untuk menghindari terkontaminasi droplet dengan virus saat penderita batuk, bersin atau berbicara. Hindari juga lokasi-lokasi dimana banyak orang berkerumun karena Anda tak akan tahu apakah ada carrier corona di sana.

  1. Sering cuci tangan.

Jika dahulu Anda hanya mencuci tangan sebelum makan, maka sekarang in ganti kebiasaan menjadi mencuci tangan setelah memegang benda-benda apapun itu. Cuci tangan dengan sabun dan air mengalir, atau dengan cairan berbasis alkohol minimal 60%. Kebiasaan ini bisa membantu membunuh kuman yang sudah berada di tangan agar tidak mengkontaminasi tempat lain atau masuk ke tubuh Anda.

  1. Membersihkan rumah dan lingkungan.

Untuk mencegah penularan virus ini, Anda juga harus memperhatikan kebersihan sekitar seperti rumah dan lingkungan. Caranya adalah dengan menyemprotkan desinfektan pada benda-benda yang sering dipegang seperti gagang pintu, bel, saklar lampu, meja, hingga smartphone yang sering dibawa kemana-mana. Pencegahan ini dilakukan mengingat sifat virus yang mampu menempel dan bertahan hidup selama beberapa jam hingga hari di benda mati sehingga masih bisa menularkan penyakit saat masuk ke dalam tubuh manusia.

Itulah cara-cara pencegahan virus corona yang bisa Anda terapkan untuk perilaku sehari-hari demi mencegah terinfeksinya diri Anda dan keluarga. Dengan menerapkan disiplin, kita semua bisa melewati pandemi ini dengan lebih baik dan lebih cepat. Bila Anda atau keluarga ada yang merasakan gejala sakit, jangan ketakutan atau panik karena ada banyak penyakit lainnya yang bisa saja diderita. Lakukan konsultasi secara online untuk menghindari bepergian saat sakit menggunakan aplikasi Halodoc. Anda juga tak perlu ke apotek untuk menebus obat karena aplikasi Halodoc bisa juga mengantarkan obat sampai ke rumah Anda.

corona

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here