Dalam sebuah kehidupan, manusia sering melupakan tujuan dari sang penciptaan manusia di dalam islam. Selain itu, seringkali manusia melakukan dosa serta kesalahan. Hal tersebut wajar jika mengingat manusia meripakan makhul yang penuh hawa nafsu dan lemah. Sejatinya, manusia merupakan seorang makhluk yang tidak pernah luput dari segala dosa. Akan tetapi, sebagai hamba Allah yang sholeh serta taat maka kita juga harus selalu memperbaiki diri. Banyak tips memperbaiki diri dalam islam agar menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

Memperbaiki diri adalah memperbaiki segala hal yang negatif menjadi positif dalam diri kita sendiri. Baik memperbaiki diri dari akhlak, hati dan kepribadian.

Tips Memperbaiki Diri Menurut Islam

Berikut ini beberapa tips memperbaiki diri menurut agama islam.

Instropeksi diri

Instropeksi diri dalam islam ialah suatu jenis perbuatan yang baik. Dalam hal tersebut instropeksi diri sangat perlu dilakukan dalam mengenali jenis kesalahan serta keburukan yang dilakukan. Sedangkan, keutamaannya yaitu membuat hati menjadi lebih lapang, sehingga membuat kita lebih mudah untuk memperbaiki diri.

Niat

Niat merupakan sebuah perencanaan dalam menjalani perubahan hidup. Rencanakan terlebih dahulu dari hal yang kecil dan bertahap ke hal yang lebih besar. Memulai perubahan tersebut akan membuat kita siap dan matang dalam melakukan memperbaiki diri secara berkala.

Lebih mendekatkan diri kepada Allah

Mendekatkan diri kepada Allah adalah salah satu hal yang sangat membantu untuk memperbaiki diri. Orang yang selalu mendekatkan diri kepada Allah akan lebih takut dan malu untuk melakukan hal yang buruk. Mendekatkan diri merupakan sebuah cara untuk menjadi pribadi yang lebih baik dalam agama islam. Jadi mulailah mendekatkan diri kepada Allah dengan cara sholat, berdzikir dan ibadah lainnya.

Perbanyak membaca Al-Qur’an dan mengamalkannya

Sebagai umat muslim yang baik, tentu membaca Al-Qur’an bermanfaat dalam hidup kita. Selain itu rajin membacanya merupakan salah satu sumber dari syariat islam bagi muslim serta mengamalkannya. Al-Qur’an bukan hanya untuk dibaca saja, namun juga diamalkan kandungan isinya. Dengan salah satu cara istiqomah merupakan cara lebih bayak mempelajadi kandungan isi Al-Qur’an.

Tinggalkan kebiasaan buruk

Meninggalkan kebiasaan buruk merupakan salah satu cara untuk memperbaiki diri dari hal yang buruk sebelumnya dilakukan. Kebiasaan buruk tersebut merupakan hal yang tidak dapat dihilangkan serta ditinggalkan begitu saja. Namun, kita juga dapat memulainya dengan cara bertahap.

Berteman dengan orang-orang sholeh

Lingkungan merupakan salah satu pengaruh besar terhadap sikap seseorang. Oleh karena itu, kita juga harus pintar dalam memilih teman yang mempunyai pribadi baik. Berteman dengan orang sholeh merupakan sebuah cara untuk memperbaiki diri kita.

Jangan tinggalkan sholat wajib

Dengan rajin melakukan shilat lima waktu maka anda juga akan semakin mendekatkan diri kepada Allah. Cara tersebut merupakan sebuah cara untuk memperbaiki diri. Hal itu, karena sholat dapat mencegah diri kita dari berbagai perbuatan buruk.

Mau menerima saran

Mau menerima saran dari orang lain merupakan salah satu cara memperbaiki diri. Jika saran tersebut demi kebaikan sebaiknya anda terima dengan lapang untuk acuan dalam memperbaiki diri.

Evaluasi dan istiqomah

Evaluasi dan istiqomah meripakan berbuatan yang harus dilakukan saat memperbaiki diri. Setelah dapat anda mengevaluasi diri, selanjutnya istiqomah dalam melakukan berbagai perubahan dalam memperbaiki diri anda. Jangan sampai kita merasa lelah dan ingin berhenti untuk selalu memperbaiki diri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here