Kipas angin adalah sebuah alat elektronik yang dapat digunakan untuk menghasilkan angin guna untuk mendinginkan udara. Selain itu, kipas angin juga dapat bermanfaat untuk memberikan efek menyegarkan pada saat udara sedang panas. Kipas angin ini juga dapat bertindak sebagai alat pengering serta exhaust fan. Banyak fungsi kipas angin bagi setiap manusia dalam menjalankan kehidupan sehari-hari.

Secara umun, kipas angin ini dibagi menjadi dua bagian, yaitu kipas angin tradisional dan kipas angin konvensional. Kipas angin tradisional yaitu kipas yang digerakkan dengan menggunakan tenaga. Sedangkan untuk kipas angin konvensional yaitu kipas yang digerakkan dengan menggunakan motor listrik.

Fungsi Kipas Angin Bagi Manusia

Fungsi kipas angin bagi manusia tidak dapat banyak dipungkiri, salah satunya di kota besar. Tanpa adanya kipas, maka akan merasa sulit untuk beraktivitas atau beristirahat di rumah. Meskipun banyak efek sampingnya, namun kipas angin tersebut mempunyai fungsi sebagai berikut.

Dapat Meningkatkan Sirkulasi Udara

Pemasangan kipas angin dengan baik yaitu diletakkan di sebuah dinding, meja, lantai atau langit-langit rumah. Hal tersebut dapat membantu anda untuk memberikan rasa yang nyaman di dalam sebuah ruangan. Kipas tersebut akan membantu anda dalam peningkatan sirkulasi udara dalam ruangan. Sirkulasi udara merupakan pergantian udara yang kotor dengan udara yang lebih bersih yang dihasilakan oleh luar ruangan.

Menghasilkan Udara Yang Sehat

Meskipun penggunaan AC memberikan efek dingin dalam ruangan,namun jika dibanding dengan AC, penggunaan kipas ini lebih menyehatkan. Pada saat menggunakan AC, dalam ruangan tersebut harus tertutup agar udara yang ada hanya mencangkup pada ruangan tersebut. Sedangkan pada saat penggunaan kipas angin dapat diterapkan pada sebuah ruangan terbuka, sehingg dapat terjadi sirkulasi udara. Hal tersebut yang banyak menimbulkan efek penularan dari berbagai penyakit diantaranya flu bagi yang memilih menggunakan AC pada ruangan.

Bisa Lebih Hemat

Jika kipas angin tersebut akan dipasang pada langit-langit maka akan membutuhkan daya hingga 75 watt. Beda dengan menggunakan AC yang akan membutuhkan daya hingga lebih besar, perbandingannya yaitu 1:10.

Menghindarkan Bau Pengap Pada Ruangan

Pada saat anda memasuki sebuah ruangan tertutup yang menggunakan AC, maka akan berbeda dengan memasuki ruangan yang menggunakan kipas angin. Karena udara yang ada dalam ruangan AC tersebut lebih pengap. Hal tersebut terjadi karena tidak ada pergantian udara pada luar ruangan tersebut. Sedangkan untuk ruangan dengan menggunakan kipas angin tersebut akan lebih segar serta nyaman. Hal tersebut karena udara pada ruangan dapat mengalami sirkulasi udara baru dari luar ruangan agar bersih dan segar.

Dapat Mengusir Nyamuk

Kipas angin juga dapat menjadi sebuah solusi dalam mengusir nyamuk agar tidur anda lebih nyenyak dari gigitan nyamuk. Nyamuk tersebut menganggap bahwa angin yang berhembus merupakan badai yang menghampirinya. Maka dengan menggunakan kipas angin tersebut menjadi sebuah solusi yang tepat untuk mengusir nyamuk.

Prinsip Kerja Kipas Angin

Motor listrik yang ada dalam sebuah kipas dapat berfungsi untuk mengubah energi listrik menjadi sebuah tenaga penggerak. Tenaga tersebut nanti akan dapat memutar baling-baling kipas yang ada. Salah satu komponen dalam motor listrik yaitu kumparan besi yang berbentuk magnet U pipih. Kemudian dialiri dengan arus listrik dalam kumparan tersebut. Maka sifat magnet tersebut akan timbul serta saling tolak menolah pada daerha kutubnya masing-masing. Hal tersebut akan membuat gaya berputar pada sebuah kumparan besi tersebut dengan cara periodik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here