Bunda, Inilah Penyebab Anak 2 Tahun Sering Menangis Tengah Malam

Saat si kecil memasuki usia 2 tahun, mungkin kita merasa lega,sebab masa- masa begadang kita akan segera berakhir. Ternyata masih ada tantangan yang harus diatasi sebab ada masalah kadang anak 2 tahun sering menangis tengah malam. Bukan hanya terbangun saja, tapi juga menangis dan itu bisa membuat kita juga ikut panik.

Ketika anak anda menagis, biasanya anda akan menggendongnya, atau memberikan hal yang menjadi keinginannya. Tapi bila anak menangis malam hari,ketika semua masih tidur nyenyak? Jangan biarkan anak menangis di malam hari sendirian. Jangan merasa malas untuk bangun sebab terlalu mengantuk misalnya. terlebih membiarkan anak menangis.

Bunda, Inilah Penyebab Anak 2 Tahun Sering Menangis Tengah Malam

Inilah Penyebab Anak 2 Tahun Sering Menangis Tengah Malam

Gejala anak menangis saat tidur malam dan baru diam ketika didekati, hampir dipastikan menjadi pertanda bahwa anak mengalami mimpi buruk. Jika kondisi ini terjadi hampir setiap hari, maka perlu pengamatan lebih cermat, apa saja kegiatan yang dilakukan anak sejak pagi sampai malam hari.

Dengan siapa dia bermain, apakah dia mendapat tekanan dari teman mainnya, atau pengasuhnya? Ataukah permainan yang dilakukan bersama si kecil terlalu “heboh”, sehingga di malam hari.

Lalu, bagaimana menangani kondisi ketika anak menangis saat tidur malam ini? Sementara waktu, untuk menanganinya, segera peluk anak ketika dia menangis dan tenangkan dengan mengusap tubuhnya sampai dia tertidur kembali.

Cara Mengatasi Anak 2 Tahun Sering Menangis Tengah Malam

Ketika anak bangun setelah mimpi buruk, masuklah, dekati dan yakinkan dia bahwa itu semua tidak nyata terjadi. Temani hingga anak kembali tertidur. Jangan khawatir jika dia tidak ingin membicarakan tentang mimpi. Kadang-kadang mimpi buruk bukan tentang sesuatu yang pasti, hanya perasaan takut yang menyelimuti pikiran anak.

Pastikan bahwa anak mendapatkan tidur yang cukup pada umumnya. Bila kurang tidur, anak akan mengalami kesulitan tertidur pulas sepanjang malam. Jadi jam tidur anak harus diatur secara konsisten.

Bila masih berulang, biarkan dia tahu bahwa semuanya baik-baik saja, minta ia untuk tidur lagi. Jika dibutuhkan, buat percakapan kecil dengan kondisi lampu yang redup. Mungkin diperlukan beberapa malam atau bahkan beberapa minggu, tetapi semakin anak memiliki tidur yang cukup, masalah akan semakin cepat terselesaikan.

Gangguan Tidur Pada Anak

Gangguan tidur pada anak ternyata cukup sering dialami oleh orangtua tetapi sayangnya kondisi ini jarang ditangani secara serius dan dianggap biasa. Diduuga sekitar 20-40 anak usia di bawah 3 bulan mengalami ganggan tidur. Dalam usia 6 bulan sampai 2 tahun sekitar 30% anak diduga mengalami gangguan tidur dan sekitar 20% anak usia 2-5 tahun mengalaminya. Bi;a gangguan ini tidak tertangani serius ternyata dapat disertai berbagai gangguan perilaku dan gangguan belajar di sekolah

Membedakan normal atau tidak pola tidur anak bisa ditentukan dari berbagai hal. Untuk dapat mengetahui gangguan tidur pada anak bisa dilihat apabila seperti di bawah ini:

  • Anak bangun selama 3 kjali atau lebih dalam satu malam atau beberapa malam. Atau sedikitnya empat kali dalam seminggu gangguan tersebut ada.
  • Dalam aktifitas tidurnya diluar biasanya, dimana anak berpindah tidur ke tempat tidur orang tua
  • Anak menolak tidur sedikitnya 30 menit saat waktu tidur, untuk memulai tidur diawali sedikitv tantrum, marah atau gelisah.  .
  • Dalam memulai tidur  harus dibutuhkan bantuan orangtua padahal sebelumnya bisa tidur sendiri.

Itulah berbagai penyebab anak 2 tahun sering menangis tengah malam dan cara mengatasinya. Semoga informasi ini bermanfaat untuk bunda semua.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here