Cara Memperbaiki Pengering Mesin Cuci Yang Tidak Berputar

Pekerjaan rumah tangga seperti mencuci pakaian akan mudah dengan bantuan mesin cuci. Alat elektronik rumah tangga yang satu ini memang sudah menjadi hal pokok yang dimiliki dalam setiap rumah tangga. Tapi kadang timbul msalah seperti pengering mesin cuci yang tidak mau berputar. Lalu, bagaimana cara memperbaiki pengering mesin cuci dengan masalah seperti ini?

Tenang, dalam ulasan kali ini kami akan berbagi cara memperbaiki pengering mesin cuci yang tidak mau berputar. Ternyata ada beberapa faktor yang menyebabkan pengering pada mesin cuci menjadi tidak berputar. Untuk itu simak terus ulasan dalam artikel ini agar semakin jelas solusinya.

Cara Memperbaiki Pengering Mesin Cuci Yang Tidak Berputar

Beginilah Cara Memperbaiki Pengering Mesin Cuci Yang Rusak

Setelah kap mesin atas mesin cuci telah terbuka, cobalah untuk memeriksa bagian dalamnya dengan teliti. Periksa baik-baik apakah ada kabel yang terputus? Bagian yang perlu diberi perhatian biasanya ialah kabel di sekitar timer pengering lalu dirunut terus hingga ke arah switch pengaman. Adakah kebal yang putus?

Biasanya, untuk kasus mesin cuci yang tabung pengeringnya tidak mau berputar pada mesin cuci 2 tabung, ada kabel yang terputus dan lokasinya tepat di daerah lubang kabel menuju ke arah kap. Nah, penyebab kabel putus tersebut biasanya bukan karena usia kabel sudah tua, namun karena kabel digigit tikus.

Jika ditemui ada kabel yang terputus, Anda dapat menyambungkannya kembali menggunakan isolasi. Jika ada lebih dari 1 kabel yang terputus, Anda dapat menyambungkannya sesuai dengan warna masing-masing. Bagi yang merasa ragu-ragu, Anda dapat melihat skema rangkaian elektronik yang biasanya ada dibagian bak belakang mesin cuci.

Ingat, karena nantinya kabel-kabel tersebut akan dialiri listrik, jadi pastikan Anda menyambungnya dengan hati-hati. Pastikan semua serabutnya tersambung dengan rapi dan dibungkus dengan isolasi listrik yang baik agar kabel tidak panas saat nantinya dilalui listik.

Semua kabel sudah disambungkan, kini saatnya Anda melakukan uji coba apakah pengering mesin cuci sudah mau berputar atau belum.

Penyebab Pengering Mesin Cuci Tak Mau Berputar

Berbagai penyebab yang membuat pengering pada mesin cuci tidak bekerja. Di antara nya saya akan membagikan penyebab yang melatar belakangniya kepada para pembaca seperti di bawah ini.

Pertama mengapa spin mesin cuci 2 tabung tidak mau berjalan?. Ini disebabkan gulungan dinamo pada mesin spin sudah rusak. Cara melihatnya kita dapat melihat fisik dinamo. Bila ia terbakar maka gulungannya akan menghitam di bagian sudut gulungan.

Bila ternyata gulungan dinamo tidak terbakar, bisa jadi ada kawat lilitan Dinamo yang jalurnya putus. Untuk masalah kawat lilitan dinamo yang putus, kita dapat mengeceknya menggunakan multutester atau avometer.

Kabel ada yang putus. Bisa anda cek satu persatu kabel instalasi ke dinamo pengeringnya. Biasnya masalah ini terjadi jika kabel instalasi di gigit tikus.

Untuk penyebab pengering mesin cuci tidak mau berputar bisa di sebabkan Switch pintu atau tutup mesin cuci tidak menyambung. Kondisi switch yang jamuran atau putus akan membuat arus listrik ke dinamo takbisa mengalir. Lokasi switch ini berada disisi dekat engsel pintu pengering pada mesin cuci dengan 2 tabung. Bila memang putus, maka segera sambung, dan bila kotor jamuran bisa dibersihkan platnya dengan menggunakan amplas perlahan.

Yang menjadi penyebab lain saat pengering mesin cuci tidak bekerja yaitu karenaTimer spin rusak. Cara mengetahuinya kita bisa gunakan avometer.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here