Lanskap alam yang memesona, budaya yang luhur, masyarakatnya yang ramah, dan budaya K-Pop dan K-Drama yang mendunia membuat Korea Selatan selalu diminati oleh wisatawan asal Indonesia. Persepsi positif terhadap Korea Selatan, ditambah dengan banyaknya maskapai, seperti Korean Air, yang menyediakan penerbangan tanpa transit juga membuat angka wisatawan Indonesia ke Korea Selatan meningkat setiap tahun

Di balik panorama alamnya yang indah, terdapat satu lagi daya tarik dari Korea Selatan, yaitu kekayaan kulinernya. Berdasarkan sejarah, masyarakat Korea Selatan pada zaman dahulu sangat menghargai hewan-hewan ternak seperti sapi karena dianggap berjasa besar.

Oleh karena itu, masyarakat Korea Selatan lebih banyak mengonsumsi daging babi dan seafood. Tradisi ini terus berkembang dan disempurnakan hingga tercipta berbagai menu babi yang dicintai oleh masyarakat Korea Selatan saat ini. Bagi Anda yang penasaran dengan kuliner babi di Korea Selatan, berikut ini menu-menu yang wajib Anda coba.

  1. Daeji bulgogi

daeji bulgogi

Hidangan bulgogi memang dapat menggunakan daging apapun, namun belum ada yang dapat mengalahkan kenikmatan daeji bulgogi yang menggunakan irisan tipis daging babi. Dagingnya dimarinasi cukup lama dengan bumbu kecap asin, bawang putih, minyak wijen, gojuchang, arak beras, dan jahe.

Sudah terbayang kenikmatannya? Daging ini kemudian di panggang di atas grill hingga mendesiskan aroma yang tiada tara. Dinikmati sekaligus bersama kimchi dan ssamjang dalam satu balutan daun selada.

  1. Haejangguk

Dikenal juga sebagai sup penghilang mabuk, Haejangguk memiliki beberapa variasi, yang salah satunya menggunakan tulang punggung babi yang kaya rasa sebagai kaldu. Irisan daging dan sayur sederhana beriringan dalam semangkuk kuah kaldu tulang bercampur dengan pasta cabai membuat haejangguk dipenuhi cita rasa gurih dan pedas.

  1. Jjin dan yaki mandu

jjin dan yaki mandu

Mirip dengan gyoza khas Jepang, Jjin dan yaki mandu adalah irisan pork yang dipadukan bersama irisan kol, wortel, bawang bombay, pasta kacang hijau dalam kulit pangsit yang lembut. Jjin mandu memiliki perbedaan yang cukup signifikan dengan yaki mandu. Apabila jjin mandu dimasak dengan cara dikukus sehingga menciptakan tekstur yang kenyal lembut, yaki mandu dimasak dengan teknik deep fried sehingga jauh lebih crispy.

  1. Samgyeopsal

Menu ini termasuk salah satu hidangan yang sederhana. Irisan-irisan pork belly berlemak dipanggang di atas grill. Lemak dari irisan daging ini akan memberikan sentuhan crispy di tengah pork belly yang chewy. Samgyeopsal lebih nikmat disantap bersama dengan irisan bawang putih dan bawang bombay panggang, kimchi, dan sedikit sentuhan ssamjang yang dibungkus daun selada.

  1. Hotteok

hotteok

Hotteok dikenal pula sebagai pancake Korea. Hotteok memilki dua varian, yaitu manis dan asin. Untuk varian asin, adonan tepung dicampur dengan berbagai bumbu dan suiran daging babi. Hal ini yang membuat jajanan yang crispy di luar namun lembut di dalam ini begitu nikmat.

  1. Sundubu jjigae

Secara harfiah berarti rebusan tahu lembut, sundubu jjigae memiliki beberapa variasi tergantung daerah dimana Anda menikmatinya. Meskipun bervariasi, namun bumbu dasar dari sundubu jjigae adalah tahu sutera, kerang, jamur, pasta cabai, kecap asin, daging sapi atau babi, disajikan saat masih panas dengan topping telur mentah yang membuat rasa hidangan ini lebih kaya. Tentu saja rasa yang ditawarkan sundubu jjigae adalah gurih dan pedas.

  1. Gamjatang

gamjatang

Gamjatang adalah hidangan kentang, bawang merah, biji perilla bubuk, dan irisan daging babi yang direbus dengan kaldu tulang babi secara perlahan untuk memastikan semua bahan-bahan ini mengeluarkan rasanya masing-masing, tanpa menghancurkan kualitasnya. Hal yang membuat hidangan ini spesial adalah biji perilla bubuk yang memberikan sentuhan rasa mint pada masakan hangat ini.

  1. Galbi

Secara harfiah, galbi berarti iga atau rusuk. Meskipun bisa berupa iga sapi, namun galbi itu sendiri adalah iga babi berukuran tebal yang telah dimarinasi dengan kecap asin, bawang putih, dan gula merah. Iga ini kemudian dipanggang di atas api sehingga menciptakan rasa dan aroma yang menggugah selera siapapun.

  1. Bossam

bossam

Apabila grilled pork terlalu berat bagi Anda, maka bossam adalah pilihan alternatif bagi Anda. Bossam adalah irisan tipis daging pork yang telah dikukus hingga tender namun tetap juicy. Untuk menikmati bossam Anda dapat membungkusnya dalam daun selada bersama kimchi kemudian dicelupkan ke saus ssamjang kemudian ataupun saeujeot.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here